Wednesday, November 5, 2014

Organisasi Masyarakat di Padukuhan Karangmalang

PKK Padukuhan Karangmalang
PKK di Padukuhan Karangmalang merupaka organisasi Ibu-ibu rumah tangga tingkat padukuhan yang telah berdiri sejak tahun 1970-an dan turun temurun diteruskan oleh generasi berikutnya. Susunan organisasinya terdiri dari ketua, wakil ketua, bendahara, sekertaris hingga anggota. Kelompok PKK ini tersebar menjadi 2 kelompok besar, masing-masing di Kampung Karangmalang dan Kampung Kuningan. Kelompok PKK ini biasanya mengurusi berbagai acara baik acara rutin seperti posyandu hingga peringatan hari-hari nasional seperti hari Kartini dan Hari Ibu.

Kelompok LARASATI (Lansia Sehat Sejati)
Kelompok LARASATI ini berada di kampung Karangmalang dimana anggotanya berjumlah lebih dari 100 orang lansia yang dalam kepengurusannya terdapat pendamping dan penasehat teknis yang berasal dari kelompok ibu-ibu usia produktif sehingga kegiatan lansia dapat terselenggara dengan baik. Kegiatan rutin yang dilakukan adalah posyandu lansia hingga rekreasi serta ikut serta dalam beberapa penyuluhan terkait dengan kesehatan.

Posyandu Balita Durian
Posyandu balita ini berada di Kampung Karangmalang yang merupakan organisasi ibu-ibu yang mengurusi bidang pelayanan kesehatan bagi anak-anak berusia dibawah 5 tahun. Kepengurusannya terdiri dari ketua, sekretasir, bendahara, pendaftaran, penimbangan, pencatatan hingga penyulihan dan gizi. Kegiatan rutinnya adalah posyandu balita yang biasa dilaksanakan di Balai Padukuhan Karangmalang.

Kelompok APSARI (Akseptor Satuhu Lestari)
Kelompok APSARI ini berada di Kampung Karangmalang yang merupakan organisasi ibu-ibu muda yang kepengurusannya terdiri dari ketua, sekretaris, bendahara, sie olahraga, sie humas dan sie agama. Kegiatan rutin yang dilaksanakan adalah pengajian dan senam aerobik. Selain itu kegiatan lain adalah rekreasi serta ikut dalam penyuluhan kesehatan.

Satuan PAUD Sejenis Mutiara Hati
PAUD merupakan salah satu sarana pendidikan masyarakat. Din padukuhan Karangmalang telah terdapat kelompok PAUD yang bernama SPS Mutiara Hati yang berdiri sejak tahun 2010. SPS Mutiara Hati meurpakan satu organisasi yang mana para pengajarnya merupakan ibu-ibu relawan yang juga berdomisili di Padukuhan Karangmalang. Siswa PAUD SPS Mutiara Hati merupakan anak-anak dari warga di padukuhan Karangmalang dan sekitarnya yang tidak dipungut biaya untuk ikut belajar di SPS Mutiara Hati. Kegiatan rutin selain belajar mengajar diantaranya adalah ikut serta dalam perlombaan, kunjungan dan rekreasi. Prestasi yang telah dicapai oleh PAUD SPS Mutiara Hati antara lain adalah Juara 2 Lomba Menari tahun 2014 dan peringkat ke 20 Lomba Menari se-DIY.

0 comments:

Post a Comment