Thursday, November 6, 2014

Sarana di Padukuhan Karangmalang

Sarana di Padukuhan Karangmalang dapat dibagi menjadi sarana pendidikan, kesehatan, ibadah, olahraga dan pertemuan warga. Sedangkan prasarana yang ada dibagi menjadi jalan, listrik, air bersih, drainase, sanitasi dan persampahan.

Sarana Pendidikan
Padukuhan Karangmalang memiliki sarana pendidikan berupa Taman kanak-kanak (TK) ABA Karangmalang dan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Untuk TK ABA berada di Kampung karangmalang sedangkan untuk PAUD proses pembangunan bangunan PAUD masih berjalan sampai saat ini. Sehingga proses kegiatan PAUD dilakukan di Balai Pdukuhan Karangmalang untuk sementara waktu. Selain itu juga ada sara pendidikan agama TPA (Taman Pendidikan Alquran) yang masing-masing dilakukan di masjid yang tersebar di Padukuhan Karangmalang.


PAUD SPS Mutiara Hati beraktivitas setiap hari selasa dan sabtu di Balai Padukuhan Karangmalang


Sarana Kesehatan
Sarana kesehatan di Padukuhan Karangmalang berupa Posyandu, baik posyandu balita maupun posyandu lansia. Selain itu terdapat kelompok jumantik yang menangani masalah demam berdarah yang kadang merepotkan dikala musim penghujan tiba. Lokasi padukuhan Karangmalang juga sangat strategis (tidak terlalu jauh) dari Puskesmas kecamatan Depok (Puskesmas Depok 3) serta rumah sakit besar seperti RSUP Dr.Sardjito, RS Panti Rapih, RS Bethesda dan Jogja International Hospital (JIH) yang berada di Utara.

Sarana Ibadah
Padukuhan Karangmalang memiliki tiga sarana ibadah berupa masjid. Masing-masing adalah masjid Al-Muttaqien dan masjid Al-Ikhlas yang terletak di Kampung Karangmalang, sedangkan satu masjid yaitu Masjid Al-Munawar yang berada di Kampung Kuningan. Masjid ini seringkali digunakan (sebagai tempat ibadah) juga digunakan untuk keperluan pendidikan agama anak-anak dan pengajian ibu-ibu dan bapak-bapak serta berbagai acara keagamaan dan perayaan hari besar Islam.

Masjid Al Muttaqien di Kampung Karangmalang


Sarana Olahraga
Sarana Olahraga yang tersedia di Padukuhan Karangmalang berupa lapangan bulutangkis, tenis meja dan jogging track. Lapangan bulutangkis terletak di Kampung Karangmalang dan Kuningan. dimana lapangan bulutangkis di Kampung Karangmalang menggunakan Balai Padukuhan karangmalang yang biasa dijalankan oleh para pemuda dan bapak-bapak di hari Rabu dan Sabtu malam hari. sedangkan sarana tenis meja adalah berupa meja dan perlengkapannya yang juga disimpan di Balai Padukuhan Karangmalang. Sedangkan sarana jogging track ini berada di sisi barat kampung Kuningan yang berbatasan langsung dengan kolam retensi milik Universitas Gadjah Mada. Balai padukuhan juga dimanfaatkan oleh kalangan ibu-ibu dan lansia untuk senam serta latihan tari oleh mahasiswa.

Sarana Pertemuan Warga
Sarana pertemuan warga yang utama di Padukuhan Karangmalang ada dua tempat, yaitu Balai Padukuhan Karangmalang dan Balai RW Kuningan. Balai Padukuhan Karangmalang terletak di Kampung Karangmalang sedangkan balai RW Kuningan terletak di kampung Kuningan. Kedua balai ini seringkali digunakan sebagai tempat untuk acara rapat koperasi ibu-ibu, pertemuan rutin organisasi, perkumpulan pemuda Karangmalang hingga posyandu dan PAUD. Sedangkan balai RW kuningan sering digunakan dalam acara rapat pengurus kampung dan ibu-ibu PKK.

0 comments:

Post a Comment