Tuesday, November 4, 2014

Prasarana di Padukuhan Karangmalang

Prasarana Jalan
jaringan jalan yang ada di Padukuhan Karangmalang secara keseluruhan sudah cukup baik, hanya terlihat kerusakan pada sedikit lokasi saja. Bahkan jalan lingkungan pun telah di konblok sehingga mudah dilalui oleh masyakat dan anak kos yang berlalu lalang menggunakan kendaraan bermotor maupun berjalan kaki. namun permasalahannya adalah lebar jalan yang cukup terbatas dan seringkali ditambah oleh parkir sementara di tepin jalan sehingga mengurangi lebar jalan, khususnya saat ada kendaraan besar yang akan lewat.

Salah satu jalan di Kampung Karangmalang
Pedagang kaki lima disekitar Padukuhan Karangmalang

Jalan di sebelah Barat Padukuhan Karangmalang , berbatasan langsung dengan UGM

Jalan di sebelah Utara Padukuhan Karangmalang, berbatasan langsung dengan UGM


Prasarana Listrik
jaringan listrik yang ada telah tersedia dan tersebar di seluruh Padukuhan Karangmalang. hal ini dikarenakan lokasi Padukuhan yang berada tidak jauh dari kota sehingga seluruh masyarakat dapat dengan mudah mengakses listrik dari PLN.

Instalasi PLN di Padukuhan Karangmalang

Prasarana Air Bersih
hampir semua masyarakat di Padukuhan Karangmalang mendapatkan suplai air bersih dari sumur. Air bersih tersebut digunakan untuk berbagai kebutuhan sehari-hari seperti masak, mencuci, mandi hingga menunjang usaha. namun, ada beberapa keluarga yang juga menunjang kebutuhan air bersihnya dengan memasang instalasi PDAM di rumahnya. Sampel air sumur juga pernah diuji secara fisika dan kimia sebanyak 33 sampel dan berdasarkan PP No. 82 tahun 2001 menyatakan bahwa kualitas air yang ada sudah memenuhi mutu kelas satu dan baik untuk dikonsumsi. dimana kelas satu dari mutu ait adalah air tersebut dapat digunakan sebagai air bakti air minum, atau peruntukan lain yang setara.

Prasarana Drainase
Kondisi drainase yang ada di Padukuhan Karangmalang hampir sama sebagaimana di pemukiman padat penduduk lain. Saluran air limbah berada di tepi jalan dan dibawah konblok dimana salurannya dibuat dengan pipa PVC dan dialirkan ke saluran utama. Selain itu juga sudah terpasang sumur resapan dan biopori di Kampung Karangmalang dan Kuningan.

Prasarana Sanitasi 
Prasarana sanitas di Padukuhan karangmalang masih sangat kurang. Wilayah Padukuhan Karangmalang belum memiliki sistem sanitasi baik terpusat maupun komunal. Penduduk hanya menggunakan septic tank yang terpasang di masing-masing rumah. Prasarana sanitasi ini nantinya akan didukung oleh IPAL yang prosesnya sedang berlangsung di Kampung Kuningan.

Prasarana Persampahan
Secara keseluruhan sistem jaringan persampahan di Padukuhan Karangmalang sudah cukup baik. Adanya petugas kebersihan yang dipekerjakan di Kampung Karangmalang dan Kuningan yang betugas mengangkut sampah rumah tangga setiap harinya dapat mengontrol sampah yang ada di Padukuhan Karangmalang. Namun dalam hal pengelolaan sampah belum ada sistem pemilahan sampah oleh masyarakat sebelum diangkut oleh petugas.

0 comments:

Post a Comment