Tuesday, November 25, 2014

Penyuluhan Kesehatan - Mengenal Bahaya Hipertensi

Padukuhan Karangmalang merupakan Padukuhan dengan kepadatan penduduk yang tinggi. Jumlah penduduk yang lebih dari 2000 juta jiwa menjadikan kesehatan masyarakat di Padukuhan Karangmalang menjadi fokus tersendiri bagi pemangku pemerintahan di Padukuhan Karangmalang. Kesehatan Lansia menjadi salahsatunya.


Kehadiran Tim KKN PPM UGM 2014 Unit SLM 02 pada bulan November hingga Desember yang juga mengusung tema Kesehatan Lingkungan dan Masyarakat serius menanggapi permasalahan yang menyangkut kesehatan lansia. Penyakit yang kerap kali menyerang kalangan usia lansia adalah Hipertensi atau yang lebih kita kenal sebagai Tekanan darah tinggi. Pola hidup yang tidak sehat menjadi penyebab utamanya. Diantaranya adalah pola makan yang kurang teratur, gizi yang tidak terpenuhi hingga kurangnya olahraga rutin. 

Para lansia di Padukuhan Karangmalang yang hadir dalam Penyuluhan Kesehatan
tampak antusias dalam mendengarkan pemaparan materi dari pembicara

Oleh karena itu untuk menanggulangi bahaya penyakit hipertensi dan mengenalkan pola hidup yang baik kepada masyarakat Padukuhan Karangmalang, khususnya kalangan usia lanjut, Tim KKN PPM UGM 2014 Unit SLM 02 berinisiatif untuk mengadakan suatu penyuluhan kesehatan yang bertopik "Mengenal bahaya Hipertensi" dengan mengundang pembicara yang sangat ahli dalam bidang ini yaitu, dr. Arius Suwondo, yang juga merupakan alumnus Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada. Penyuluhan kesehatan tersebut telah dilaksanakan pada tanggal 25 November 2014 yang juga mengambil tema Hari Kesehatan Nasional yang oleh Pemkab Sleman diperingati sebagai acara puncak pada tanggal tersebut.

dr.Arius Suwondo , salah satu Alumnus FK UGM yang menjadi pembicara dalam penyuluhan ini

Seorang kakek yang antusias bertanya kepada dr.Arius

Pada kesempatan itu dr. Arius banyak bercerita tentang asal mula penyakit Hipertensi dapat muncul hingga bagaimana cara kita untuk mencegahnya. Masyarakat yang hadir sebagian besar adalah kalangan usia lanjut yang meman dijadikan target dalam penyuluhan kesehatan ini. Hadirin tampak sangat antusias dan sempat bertanya kepada dr.Arius beberapa pertanyaan terkait keluhan mereka terhadap gejala-gejala penyakit hipertensi.

0 comments:

Post a Comment